Senin, 08 Juni 2020

Permasalahan dan solusi Filter bensin pada mobil


Karyono.com - 
Permasalahan dan solusi  Filter Bensin
Permasalahan Filter Bensin - Filter bensin memang suku cadang yang sering diganti secara berkala (bergerak cepat),
antara 10.000-15.000 km. Jika kondisi filter rusak, kotoran tentu akan melewati proses penyaringan dan dapat merusak injektor karena kemacetan atau kerak di ruang bakar.
Jadi apa yang menyebabkan filter bahan bakar mogok dengan cepat. Filter mudah rusak ketika volume pengotor dari bahan bakar cukup besar sehingga filter tidak lagi mampu menyaring dengan benar. Kotoran dalam bensin adalah dalam bentuk partikel-partikel kecil karena seringnya keterlambatan pengisian bahan bakar, sehingga tangki yang tidak terendam bensin seringkali tampak berkarat. Sekarang ketika terisi penuh, karat terendam dan larut dengan bensin yang akhirnya membuat filter bensin cepat rusak.

Disebutkan lagi, buruknya kualitas bensin sering terjadi karena penggunaan bahan tambahan. Biasanya langkah-langkah ini sering digunakan untuk meningkatkan level oktan Premium ke setara dengan Pertamax atau Pertamax Plus. Aditif yang tidak bagus dengan harga terjangkau seringkali tidak larut dan menyebabkan sedimen atau bubuk, yang sering membuat filter bensin cepat kotor.

Busi dan filter bahan bakar adalah komponen yang lebih mudah rusak karena penggunaan bensin yang tidak sesuai untuk spesifikasi mesin.
Untuk premium, cocok untuk rasio kompresi 7,1 hingga 9,1. Untuk mesin dengan rasio kompresi 9,1 hingga 10.1 lebih cocok menggunakan RON 92 (Pertamax). Sedangkan untuk kompresi 10.1 hingga 11.1, Anda harus menggunakan RON 95 (Pertamax Plus). Saat ini mobil-mobil yang dijual oleh mereka semua sudah memiliki kompresi di atas 9,1 dan disarankan untuk "minum" Pertamax.

Keberadaan filter dalam komponen mesin berfungsi sebagai filter untuk kotoran yang masuk ke ruang bakar. Jika filter ini tidak bersih, akan ada banyak kotoran yang menumpuk dan menghambat aliran bahan bakar. Ini juga yang membuat akselerasinya tidak mulus dan mobil sering tersendat ketika di gas. Solusinya, selain harus membersihkan filter ini secara teratur, Anda harus menggantinya jika mulai rusak.
Selain itu, mobil macet ketika di gas juga karena throttle body yang kotor. Terutama untuk mobil dengan sistem drive by wire yang menggunakan accelerator pedal position. Sistem ini akan mengirimkan data pembukaan gas dan ECU memberikan informasi untuk lebih banyak katup terbuka. Masalahnya adalah, jika ada penumpukan di area sekitar katup gas, mesin juga bisa tersendat.

Semoga bermanfaat,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda