Selasa, 14 April 2020

Termostat bermasalah dan solusinya

Karyono.com | Mengatasi permasalahan Mogok karena termostat bermasalah,mungkin teman teman disini ada yang pernah mengalami mobil mogok dijalan..?hal keadaan seperti ini sungguh sangat merepotkan apalagi bila sedang bersama keluarga dan orang tercinta sungguh sangat merepotkan.semoga buat anda yang belum pernah mengalami mogok dijalan dan jangan pernah terjadi.

Banyak alasan juga permasalahan kendaraan mengalami mogok dijalan dan salah' satunya adalah karena termostat bermasalah.yuk simak ulasan berikut ini

# Apa itu termostat
Termostat adalah part pada kendaraan yang yang berfungsi mengatur suhu pada mesin atau kendaraan dengan sistem umpan balik,termostat pertama kali digunakan oleh bapak Andrew ure pada sekitar tahun 1830.termostat pada kendaraan terbuat dari element tanggap panas berupa batangan baja dan zink yang dikeling.
# Fungsi termostat pada kendaraan
Pada kendaraan hampir semua dilengkapi Dengan termostat guna mengatur suhu mesin agar tetap terjaga pada titik suhu aman dengan cara membuka dan menutup jalanya air radiator menuju mesin secara otomatis.

# Cara kerja termostat
Termostat bekerja secara otomatis dengan cara membuka dan menutup pada suhu tertentu kurang lebih 90 derajat celcius.
Bila suhu mesin sudah mencapai 90 derajat Celcius maka termostat akan membuka agar air radiator bersirkulasi menuju water jaket pada mesin dan kembali menutup secara otomatis menggunakan sensor pada termostat.termostat akan bekerja secara terus menerus secara otomatis tanpa menggunakan bantuan listrik lainya.
# Masalah karena termostat
Masalah pada kendaraan yang disebabkan karena termostat bekerja secara tidak normal adalah mesin mobil mengalami over heat.
Mengapa mesin mobil mengalami overheat..?karena termostat tidak bekerja dengan baik misal termostat telat membuka atau termostat sudah tidak berfungsi,sehingga seharusnya suhu pada mesin sudah mencapai suhu maksimal yang seharusnya termostat bekerja membuka katup tetapi termostat tetap menutup sehingga suhu pada mesin mengalami overheat karena air radiator tidak bersirkulasi menuju water jakket sehingga terjadilah mesin mengalami overheat dan terjadilah kendaraan mengalami mogok.
# Solusi
# Kesimpulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda