Selasa, 22 Oktober 2019

Fungsi dan permasalahan Relay engine mobil timor DOHC

Karyono - Fungsi dan permasalahan Relay engine atau relay kaki 5 pada mobil timor.Relay engine atau orang menyebutnya relay kaki lima karena relay ini mempunyai terminal pin soket sejumlah 5 pin. karena relay yang lain pada box relay yang terdapat pada ruang engine pada mobil timor memiliki 4 pin terminal.

Relay engine atau relay kaki lima pada mobil timor mempunyai identik warna kuning dan ber merek KIA bila realy mobil timor anda masih dalam keadaan standar.
Letak Relay Engine pada mobil timor terletak pada dalam Box hitam dan letaknya di deket Koil atau posisinya sebelah kiri pada ruang mesin.

Relay ENgine atau Relay kaki lima mempunyai fungsi untuk mengatur semua kebutuhan arus kelistrikan yang ada pada sistem mesin yang dinkontrol oleh ECU pada mobil timor khususnya mobil timor DOHC.Mobil Timor DOHC terbilang paling banyak permasalahan salah satunya yang di sebabkan oleh relay kaki lima atau relay engine.

permasalahan yang sering terjadi pada mobil timor DOHC yang disebabkan oleh relay engine atau relay kaki lima adalah:
1. mobil mengalami mogok dijalan bila mesin mobil sudah dingin maka mesin mobil kembali bisa hidup kembali saat di starter pada kasus ini berdasarkan pengalaman karena relay engine atai relay kaki lima saya ganti menggunakan relay kaki lima biasa warna hitam yang di beli di toko biasa.
2. Mobil timor DOHC susah hidup saat di starter,dalam kasus ini biasanya pengguna mobil timor DOHC mengalami mobil susah hidup saat di starter saat parkir atau isi bensin dan saat hendak menghidupkan mobil kembali daan mesin mobil tiba tiba susah hidup saat di starter tentu hal sangat tidak nyaman dalam berkendara,nah biasanya kasus ini sangat susah di diketahui pengguna mobil timor karena salah vonis.biasanya pengguna mobil timor banyak yang mengabaikan dan kurang peka terhadap Relay engine atau relay kaki lima ini adalah salah satu penyebabnya mobil susah hidup.banyak dari teman teman pengguna mobil timor yang menjadi korban dari relay engine atau relay kaki lima ini karena pengguna biasanya malah mengganti part yang lain misal mengganti koil,filter bensin bahkan delko atau distributor tetapi permasalahan mobil timor DOHC susah hidup belum juga teratasi.

kembali lagi ke riwayat mobil timor ini,nah kita harus tahu dan menyadari bahwa mobil timor ini sudah tidak muda lagi dan terbilang sudah tua dan sangat wajar bila mobil timor sering bermasalah untuk minta jajan ke bengkel untuk minta perawatan,perbaikan dan peremajaan spare part.khusunya buat mobil 2nd atau mobil seken yang membeli mobil timor kurang begitu paham dulunya perawatanya bagaimana dan minim perawatan.jadi buat anda pengguna mobil timor perbanyak bersabar dan tawakal hehehe.

Nah buat anda pengguna mobil timor DOHC bila mengalami hal seperti ini jangan terburu buru untuk memfonis ini itu tetapi lakukan hal yang kecil dulu misal penggaantian relay engine atau relay kaki lima sebelum melakukan vonis part yang lain.
mudah mudahan mobil timor anda kembali normal dan jangan lupa tetap utamakan keselamatan dalam berkendara.salam satu aspal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda