Kamis, 03 Oktober 2019

cara Mengatasi mobil overheat


Karyono.com | Sahabat karyono Mengatasi permasalahan mobil timor gampang over heat,overheat adalah sebuah permasalah serius pada unit mobil khusunya mobil timor dan bisa terjadi pada semua mobil khususnya mobil seken atau mobil yang sudah terbilang beumur atau tua dan sudah tidak muda lagi.misal dari pengalaman saya menggunakan mobil timor Dohc TAHUN 1999.singkat cerita pada mobil saya ini sering mengalami overheat dan terdeteksi sebelum melakukan perjalanan jauh dengan cara memanasi mobil kurang lebih 15 menit dan kita bisa pantau pada dashborad mobil tepatnya pada sepedometer menunjukan temperatur melebihi batas tengah dan normalnya indikator hanya menunjuk pada setengah kurang dikit.


Bila setelah mobil dipanasin kurang lebih 15 menit indikator temperatur naik berarti mengindikasikan mobil kita mengalami overheat dan sebaiknya jangan teruskan untuk dipaksa berjalan apalagi perjalanan jauh bila tidak terjadi mobil mogok dijalan.segera lakukan pengecekan pada unit mobil untuk dilakukan tindakan sebagai berikut:



1. Cek tutup radiator,terlihat sepele hanya tutup radiator tetapi tutup radiato rini bisa mengakibatkan kita kelimpungan mogok dijalan karena overheat,sebaiknya anda bisa bawa serep untuk proses penggantian bila tutup radiator bermasalah karena tekanan pada tutup tidak lagi standar dan mengakibatkan air radiator yang seharunya mengalir ke tangki cadangan malah terhambat.

2. Cek air radiator,tunggu mesin dingin lalu langkah tindakan yang pertama adalah cek air radiator dan disarankan gunakan coolant agar proses pendinginan bisaq dilakukan secara maksimal dan melindungi korosi pada water jaket mesin.jangan lupa cek juga pada tabung reservoir atau tanki cadangan air radiator.bila air radiator kurang segera tambahin baik yang ada pada radiator maupun tangki cadangan.

3. Cek kipas radiator,setelah mengecek air radiator benar benar terisi penuh atau dalam batas yang disarankan  anda bisa cek kipas radiator apakah benar benar bekerja atau memutar dengan bagus.khusunya mobil timor sering terjadi overheat karena kipas radiator tidak bekerja dengan baik bahkan tidak bekerja dikarenakan banyak hal misal diantaranya kipas mati karena motor kipas rusak,jalur elektrikal putus,relay rusak atau sudah tidak bisa bekerja secara normal.

4. Cek selang radiator atas,sering di abaikan oleh pengguna dengan selang radiator atas ini yang menghubungkan  air radiator dari radiator yang sudah didinginkan dan disalurkan menuju mesin biasanya mengalami kebocoran sehingga air radiator bocor dan air raditor berkurang bahkan habis sehingga mengalami panas yang berlebihan.

5. Cek selang radiator bawah,ya selanjunya anda juga bisa cek selang radiator bagian bawah apakah masih bagus atau tidak biasanya bawaan mobil sudah berumur dan memang butuh peremajaan  dan sebaiknya ganti saja ,selang ini berfungsi meneruskain air radiator dari mesin menuju radiator untuk di dinginkan.

6. Cek selang heather,selang heater khusunya pada mobil timor Dohc digunkanan untuk pemanas ruangan dan memanfaatkan menggunakan suhu air colant untuk pemanas ruangan.untuk di indonesia mungkin tidak perlu dan tidak digunkana dan biasanya selang ini lolos dari kontrol pengguna sehingga pada selang heater ini mengalami kebocoran karena faktor usia dan sebaiknya di bypas saja.

7. Cek sensor wts,sensor WTS adalah sensor water temperatur sensor atau biasanya orang menyebutnya sensor temperatur.banyak yang tidak tahu dari part ini tetapi sensor wts ini sangat vital dalam unit mobil.sensor wts bekerja memberi sinyal kepada kipas radiator kapan kipas radiator bekerja dan kapan kipas radiator berhenti.bila sensor wts kotor atau rusak akan mempengaruhi kinerja kipas radiator dan bisa mengakibatkan kipas radiator telak bekerja bahkan kipas radiator tidak bekerja walaupun kipas radiator sebenarnya masih bagus.dan bila sensor WTS ini bermasalah maka bisa mengakibatkan mobil mengalami mogok karena overheat.

8. Cek termostat,part ini jarang diketahui bagi pemilik unit kendaraan yang kurang mengetahui tentang mesin karena part ini bisa dikatakan tidak nampak kelihatan kasat mata tetapi part ini sangat vital dan bisa mengakibatkan overheat pada saat perjalanan anda.termostat berfungsi untuk mengatur kapan termostat membuka dan air radiator mengalir pada water jaket atau mesin dan kapan termostat menutup untuk proses pendinginan

9. Cek relay kipas radiator,jangan di abaikan dengan part yang satu ini karena part ini berfungsi  mengalirkkan arus listrik untuk menjalankan kipas radiator dan bila relay kipas radiator ini rusak maka akan bisa berakibat mobil mogok karena overheat,anda bisa menggantinya dengan yang baru bila relay sudah rusak

10. Cek wiring,mengecek perkabelan adalah trouble shooting yang lumayan bikin pusing karena kita akan mengurut kabel dimana kabel putus atau kendor yang menghubungkan dari sensor wts-relay-kipas radiator.kita harus menelusuri permasalahan ini karena bila tidak pasti permasalahan overheat pada unit mobil anda akan terus mengalami overheat
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda